Senin, 05 Januari 2015

Pesawat Tempur dan Misil Buatan AS Kurang Laku


Pesawat siluman F-35 versi kapal induk marinir AS, Foto: Lockheed Martin

Industri dirgantara AS mengalami pertumbuhan penjualan hingga empat persen menjadi 228.4 milyar USD pada 2014, namun penjualan pesawat tempur stagnan diangka 87.3 milyar USD bahkan menurun untuk misil menurut perkiraan awal Aerospace Industries Association (AIA). Sedangkan pengeluaran departemen pertahanan AS untuk pesawat ruang angkasa dan satelit meningkat.

Menurut perkiraan AIA melalui tinjuanannya untuk akhir tahun 2014, penjualan pesawat militer hanya sedikit mengalami kenaikan menjadi 52.6 milyar USD dibanding dengan tahun 2013 dan penjualan misil turun hingga 4.1 persen menjadi 19.9 milyar USD. Pendapatan sektor tersebut diimbangi dengan ekspor militer, mesin, perlengkapan misil dan berbagai komponen militer yang meningkat 9.2 persen dibanding tahun 2013. Sedangkan belanja Pentagon untuk pesawat ruang angkasa, satelit dan berbagai komponen lain meningkat hingga 5.4 persen menjadi 48.8 milyar USD pada akhir tahun.

Ekspor peralatan militer meningkat dari 2.700 pesawat utuh pada 2013 menjadi 4.972 pada tahun 2014. Ekspor pesawat terdiri dari 3,138 pesawat angkut, 1.296 helikopter, 168 glider dan balon udara serta 370 pesawat retrofit. Impor yang dilakukan militer AS mencapai 4.8 milyar USD, termasuk 31 pesawat utuh dan helikopter.

Meski penjualan kepada militer asing tetap menjadi fokus perusahaan pertahanan AS namun Asosiasi menegaskan,  pertumbuhan ekspor tidak akan mengimbangi penurunan belanja pengadaan departemen pertahanan. Sehingga mereka meminta kongres mencabut pembatasan anggaran pertahanan yang dilakukan badan legislatif pada tahun 2011. AIA mengungkapkan, pembatasan anggaran melalui Budget Control Act of 2011 harus diakhiri. Kebijakan anggaran baik untuk pertahanan dan program non pertahanan terlalu rendah untuk menghadapi ancaman global yang dihadapi saat ini.

Sementara Marion Blakey presiden sekaligus CEO AIA pada pertengahan desember dalam komentarnya yang diarahkan kepada anggota kongres dan  para politisi mengungkapkan, lihatlah jajak pendapat. Masyarakat AS sudah muak dengan Washington, muak dengan pejabat terpilih yang membiarkan ekstrimisme ideologis berfungsi sebagai alasan untuk tidak mendengarkan masyarakat sebagai lawan faksi kecil aktivis partai. Kehidupan Amerika akan hilang bila kita tidak mengembalikan investasi pertahanan pada tingkat yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar