Selasa, 11 November 2014

China Mulai Pasarkan Pesawat Tempur Siluman J-31


Pesawat tempur siluman China J-31


Kabar baik bagi angkatan udara seluruh dunia yang mendambakan pesawat tempur siluman dengan harga yang jauh lebih murah dari pesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin. China berencana mengekspor pesawat tempur siluman bermesin ganda J-31 dan diperkirakan akan menjadi pesawat pertama dari jenisnya yang tersedia bagi militer seluruh dunia. Pesawat asli buatan China J-31 memiliki konfigurasi yang hampir sama dengan pesawat tempur F-35 yang dibuat AS.

J-31 versi ekspor terungkap di Exhibiton Hall Aviation Industry Corporation of China (AVIC) setelah personil perusahaan menarik tirai model 1:2 dari pesawat tempur pada 10 November kemarin ditengah berlangsungnya perhelatan China Airshow yang berlangsung di Zhuhai minggu ini. Plakat model pesawat menyebutkannya sebagai FC-31 4th Generation Multi-Purpose Medium Fighter.

Versi pesawat tempur yang dirancang untuk China selalu menggunakan seri “J” sedangkan FC merupakan seri untuk versi ekspor dan ini merupkan yang pertama kalinya J-31 memperoleh label sebagai FC-31.

Selama perhelatan, meski cuaca mendung J-31 tetap tampil melakukan demo terbang dalam tour preshow, begitu pula dengan pesawat tempur multirole buatan Rusia Su-35. China dan Rusia kabarnya akan menandatangi kesepakatan ekspor pesawat temput Su-35 sekitar akhir bulan ini.

Ajang dua tahunan yang ke-10 China International and Aerospace Exhibition (Airshow China), merupakan sarana bagi produsen alat pertahanan dunia memasarkan produk baru untuk ekspor dan kesempatan bagi militer China memamerkan sistem persenjataan canggih mereka. Ajang yang berlangsung mulai 11 hingga 16 November tersebut menjadi pameran alat pertahanan terbesar di Asia yang melibatkan hingga 700 perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar