Minggu, 25 Januari 2015

Kapal Selam Generasi Baru AS dan Rusia Akan Miliki Drone dan Robot Bawah Air



Kapal selam nuklir generasi kelima Rusia akan dilengkapi dengan robot dan drone bawah air disamping persenjataan konvensional.

Nikolay Novoselov deputy CEO design engineering bureau Malakhit kepada RIA-Novosti mengungkapkan, kapal selam generasi kelima terbaru akan dilengkapi senjata konvensional dan berbagai persenjataan yang kini sedang dikembangkan.

Ia menambahkan, pihaknya berbicara mengenai robot tempur yang bisa dirilis dari kapal selam dan berbagai jenis drone bawah air. Robot akan dimanfaatkan atau dipakai militer untuk tujuan komunikasi maupun pengawasan.

Mereka akan dirilis dari kapal selam dalam keadaan offline sebelum kemudian diaktifkan dari jarak jauh. Ini untuk memberikan waktu bagi kapal selam meninggalkan daerah tersebut dan drone yang ditinggalkan sebagai pengecoh musuh.

Rusia saat ini sedang membangun lebih dari tiga kapal selam generasi keempat Yassen dan tiga lagi masuk dalam kontrak pembangunan tahun 2015. Severodvinsk merupakan kapal selam unggulan kelas Yassen yang akan menjadi tulang punggung kekuatan kapal selam konvensional angkatan laut Rusia.

Selain mampu meluncurkan terpedo 533mm, kapal selam kelas Yassen dapat menembakkan rudal jelajah dari delapan sistem peluncuran vertikal. Mereka juga dapat membawa rudal supersonik anti kapal permukaan Onyx dan Kalibr.

Rusia bukan satu-satunya negara yang mengembangkan robot untuk kapal selam, seluruh dunia telah bergerak kearah ini.

AS tengah mengembangkan drone permukaan dan bawah air yang mampu beroperasi jauh lebih lama. Program Large Displacement Unmanned Underwater Vehicle telah diumumkan Office of Naval Research untuk membangun mesin protototip. Proyek akan mengembangkan teknologi penting yang dibutuhkan untuk membuat UUV bisa beroperasi dan bertahan diwilayah operasi selama lebih dari 70 hari.

LDUUV menjadi tempat peluncuran dan pemulihan UUV dengan kemampuan mengirimnya kelaut terbuka dan wilayah pesisir. Sistem membuat angkatan laut laut memiliki jangkauan penginderaan yang lebih jauh sekaligus memperluas pengaruh diberbagai wilayah. Pengembangan UUV ini dimaksudkan sebagai kekuatan pengganda yang signifikan bagi angkatan laut AS dan membuat biaya pertempuran menjadi jauh lebih murah.

Dua bidang teknologi penting telah diidentifikasi untuk mencapai tujuan ini yaitu teknologi  autonomus dan daya tahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar