Senin, 22 Desember 2014

Kapal Destroyer Siluman AS Dirancang untuk Generasi Video Game


Kapal Perusak angkatan laut AS Zumwalt-class

USS Zumwalt kapal perusah super siluman terbaru milik angkatan laut AS menurut mereka yang telah melihatnya secara langsung, memiliki banyak kemiripan dengan kapal Enterprise dalam film Startrek.

Banyak Kabar yang menyebutkan,  Zumwalt  memiliki komandan bernama kapten James Kirk, selain itu kapal dioperasikan secara terpusat menggunakan teknologi canggih yang menjadikan perintah multitasking mencapai level mematikan baru dilaut lepas.

Kapal perang yang diluncurkan pertama kali pada tahun lalu menghabiskan dana pembangunan sangat besar mencapai 3 milyar USD dan merupakan jenis destroyer terbesar dalam angkatan laut AS modern. Namun salah satu perbedaan penting ialah, membutuhkan  jumlah awak yang jauh lebih sedikit.

Zumwalt hanya perlu minimum 130 awak bila dibandingkan dengan kapal sejenis yang membutuhkan setidaknya 300 orang pelaut.

Menurut Wade Knudson mantan kapten angkatan laut AS yang kini menjabat sebagai direktur program Zumwalt untuk kontraktor Pentagon yaiya Raytheon, Awak yang sedikit dimungkinkan karena sistem canggih yang secara otomatis membuat segalanya lebih mudah sekaligus lebih efektif bagi awak dalam mengoperasikan kapal.

Knudson mengungkapkan, pada pusat operasi yang merupakan jantung kapal, dikelilingi berbagai display video yang dirancang untuk digunakan olah generasi yang tumbuh dengan video games.

Ia menambahkan, Raytheon telah menguji teknologi pusat operasi yang disesuaikan bagi anak muda yang menggemari video games. Pihaknya telah membawa mereka kelaboratorium dan mendapat umpan balik langsung dari mereka, kemudian para insinyur berupaya memastikan bahwa kami mengintegrasikan seluruh layar dan informasi agar mereka bisa menggunakan sistem dengan lebih efektif.

Hasilnya sangat sedikit yang membuat kesalahan di kapal, karena sistem dan komputer menyediakan semua informasi kepada para awak sekaligus cara mereka menggunakannya. Bagian tengah stasiun kerja dilengkapi dengan tiga display umum dan anda bisa duduk disalah satu sistem untuk mengoperasikan mereka.

Panjang kapal Zumwalt mencapai 186 meter dengan lebar 24 meter atau 30 meter lebih panjang dan 6 meter lebih lebar dibanding kapal destroyer angkatan laut AS Arleugh Burke-class yang muncul dalam film action 2012 berjudul Battleship.

Kapal sebagian besar dibangun dengan sudut yang membantu membuatnya 50 kali lebih sulit dideteksi oleh radar dari sebuah kapal biasa. Kapal memiliki radar cross-section seperti halnya sebuah kapal kecil milik nelayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar