Minggu, 23 November 2014

Pakistan Tertarik Beli 30-40 Pesawat Tempur Siluman China


Shenyang FC-31

Pakistan tertarik membeli pesawat tempur siluman dan menyatakan minatnya terhadap pesawat baru China yang baru-baru ini diresmikan yaitu FC-31. Pakistan merupakan salah satu dari beberapa negara yang tertarik pada pesawat tempur siluman pertama yang tersedia untuk ekspor buatan China, tanpa khawatir pemberlakukan embargo seperti yang dilakukan AS dan sekutunya.

Shenyang FC-31 diposisikan China sebagai pesawat tempur siluman generasi ke-4. Ketika pembangunan FC-31 selesai, pesawat akan memberikan kemampuan siluman terbatas dengan avionik generasi ke-4 dan harga jual yang jauh lebih murah. Meski dijual murah, semua kemampuan penting yang memungkinkan angkatan udara mengatasi keunggulan pesawat tempur generasi ke-5 seperti F-35 dan T-50 ditanamkan pada pesawat.

Menurut laporan Pakistani Dawn,  menteri pertahanan Rana Tanveer Hussain mengungkapkan, Pakistan tertarik untuk mengakusisi pesawat tempur siluman dan tertarik terhadap  FC-31 pesawat baru diresmikan China dan tengah membahas masalah ini dengan pemerintah China.

Kabarnya Pakistan tertarik mengakusisi 30-40 Shenyang FC-31, pesawat yang dikembangkan China untuk tujuan ekspor.

Pesawat tempur siluman bisa memberikan Pakistan kemampuan serangan terbatas kedalam subkontinen India, karena India saat ini belum memiliki kemampuan radar kontra pesawat siluman yang mumpuni.

Versi ekspor pesawat siluman terbaru China ditenagai dua mesin Klimov RD-93 buatan Rusia. Mesin yang sama juga mentenagai JF-17 Thunder, pesawat tempur buatan China yang telah dioperasikan oleh angkatan udara Paskitan.  Selain itu menurut Hussain, Pakistan juga tertarik dengan helikopter serang China Z-10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar