Minggu, 30 November 2014

Alasan Pesawat Siluman F-117 Nighthawk Masih Mengangkasa


Pesawat Siluman F-117 Nighthawk. Foto: US AirForce

Sejumlah orang menyaksikan bahkan mengabadikan dengan kamera disekitar Tonopah Test Range di AS, yang menjadi bukti lebih dari satu pesawat jet siluman F-117 Nighthawk masih tetap terbang 6 tahun setelah angkatan udara AS resmi menyatakannya pensiun.

Laporan tersebut menimbulkan beragam spekulasi mengenai alasan pesawat melakukan kegiatan misterius. Beberapa pengamat memberikan sejumlah penjelasan mengenai kegiatan  penerbangan pesawat disiang hari, mulai dari pengujian sistem radar baru yang mempu mendeteksi pesawat soluman, pengujian sistem senjata terbaru hingga hipotesa berani bahwa Nighthawk mengalami modernisasi dan kembali beroperasi.

Namun alasan sebenarnya ternyata kurang begitu menarik dan wartawan Defense News bernama Aaaron Mehta telah memperoleh penjelasan resmi dari angkata udara AS (USAF).

Menurut USAF, jet siluman dipeliharan dalam suatu tempat penyimpanan “Type 1000.” Artinya arsenal milik USAF yang masuk dalam jenis penyimpanan tersebut tetap memperoleh perawatan seperti biasa hingga dipanggil untuk kembali melayani secara aktif.

Pesawat memperoleh perawatan secara periodik selama 4 tahun dan karena masuk dalam penyimpanan Type 1000, mereka harus bisa digunakan kembali dalam suatu operasi dalam jangka waktu 30-120 hari.

Versi cerita ini telah dikonfirmasi Aziennik Zbrojny, salah satu personil pertahanan terkemuka Polandia yang juga mengutip pernyataan seorang juru bicara USAF.

Alasan pesawat melakukan penerbangan ternyata dalam rangka proses pemeriksaan rutin, untuk memastikan F-117 masih layak terbang.

Armada Nighthawk yang pada dasarnya telah pensiun pada tahun 2008, memperoleh perawatan dihanggar Tonopah Test Range, Nevada AS. Kondusi gurun nevanda sangat kondusif dalam menjaga pesawat jet siluman berada dalam kondisi yang baik, disebabkan rendahnya tingkat kelembaban sehingga pesawat tidak mudah mengalami korosi.

Sementara bila mememilihara jet siluman di AMARC, Davis Monthan Air Force Base di Tucson Arizona kurang efektif dari segia biaya dan diperlukan tempat penyimpanan yang aman, sehingga dipilih tempat penyimpanan Tonopah Test Range.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar