Rabu, 03 Desember 2014

5 Pesawat Siluman dan Hypersonic Tercanggih Di Dunia



Sonic Boom

Laporan mengenai terjadinya ledakan muncul disekitar wilayah Inggris yang kemudian dikaitkan dengan sebuah pesawat mata-mata misterius.

Suara yang terdengar seperti ledakan dan menyebabkan kaca jendela pecah menurut ilmuwan yang bekerja pada teknologi sejenis, bisa saja dihasilkan oleh pulsa ledakan mesin jet. Pulsa ledakan mesin bekerja dengan memanfaatkan serangkaian kekuatan ledakan dan ada mesin jet yang mampu membuat pesawat terbang hingga lima kali kecepatan suara.

Beberapa menghubungkan suara tersebut dengan proyek pesawat mata-mata misterius yang disebut Aurora dan pertama kali disebutkan dalam file Pentagon pada 1980. Lainnya berpendapat suara berasal dari pecahan batu meteor.

Berikut adalah daftar dari beberapa pesawat mata-mata siluman paling canggih yang diyakini telah dibuat di dunia.

Aurora
Rumor mengenai Aurora berasal dari pertengahan tahun 1980-an, namun masih belum ada bukti akurat mengenai keberadaan pesawat. Sementara pemerintah AS selalu membantah pesawat semacam itu pernah dibangun.

Pada tahun 1990 sebuah majalah penerbangan menemukan bahwa istilah Aurora telah masuk dalam anggaran AS pada 1985 dan 455 juta USD disisihkan memproduksi sesuatu yang mereka sebut “black aircraft”. Pesamat memiliki kecepatan Mach 5 atau lima kali kecepatan suara dan dibangun untuk menggantikan pesawat Blackbird. Sejumlah orang bahkan telah melaporkan sempat melihat penampakan pesawat aneh berbentuk segitiga yang meninggalkan jalur asap dan sonic boom.

SR-72
SR-72 merupakan penerus pesawat Lockheed Martin SR-71 Blackbird yang mampu terbang dengan kecepatan Mach 3. Sehingga pesawat hanya butuh waktu kurang dari dua jam menempuh jarak antara London dan New York.

Pesawat SR-72 generasi selanjutnya harus mampu melakukan perjalanan dua kali lebih cepat atau enam kali kecepatan suara. Pesawat yang diumumkan pada November 2013 rencananya akan menggunakan sistem komputer canggih dengan misil hypersonic untuk melakukan serangan terhadap target secara akurat dalam kecepatan sangat tinggi secara siluman. Pesawat kabarnya akan dirilis pada tahun 2030.

Skylon
Perusahaan asal Inggris bernama Raction Engines sedang membuat membuat  mesin jenis baru yang disebut SABRE. Mesin tersebut memungkinkan dikembangkannya pesawat luar angkasa tanpa awak yang dapat lepas landas layaknya pesawat konvensional.

Pesawat awalnya menggunakan mesin jet untuk lepas landas kemudian terbang dengan kecepatan Mach 5.5, sebelum beralih kemesin roket pada ketinggian tertentu untuk masuk kedalam orbit bumi dimana pesawat mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan Mach 25 atau 25 kali kecepatan suara.

RQ-180
Pesawat tanpa awak ini dirancang untuk melakukan kegiatan mata-mata dan akan mengangkasa segera pada tahun 2015. Pesawat ini disebut-sebut mampu terbang diwilayah udara yang diperebutkan tanpa terdeteksi.

Pembuatan pesawat didanai oleh angkatan udara AS dengan bajet rahasia dan tubuh pesawat dijejali dengan peralatan sensor dan surveillance. Selain itu pesawat juga mampu melakukan misi serangan elektronik.

Pesawat dibangun oleh Northrop Grumann, perusahaan yang juga membangun pesawat eksperimental X-47B untuk angkatan laut AS.

PAK-DA
PAK-DA merupakan pesawat bomber siluman generasi terbaru Rusia yang diperkirakan meluncur sekitar tahun 2025. Rancangan pesawat melibatkan empat mesin sekaligus rudal hipersonic meski pesawat hanya memiliki kecepatan subsonik. Pesawat kabarnya akan muncul dalam versi yaitu berawak dan tanpa awak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar