Senin, 24 November 2014

Kementrain Pertahanan Rusia Bantah Larang iPhone Dalam Dinas Militer


iPhone, Foto: RIA Novosti

Kementerian pertahanan Rusia menegaskan, tidak melarang penggunaan iPhone selama mengikuti wajib militer. Sebelumnya Izvestia yang merupakan surat kabar Rusia melaporkan, perangkat dilarang penggunaannya oleh tentara karena khawatir sistem operasi tertutup yang digunakan mengandung backdoor mata-mata.

Igor Konashenkov menteri pertahanan Rusia mengungkapkan, diangkatan bersenjata Rusia tidak ada larangan menggunakan layanan mobile dari salah satu produsen tertentu.

Ia menambahkan, munculnya informasi tersebut melalui salah satu surat kabar nasional terkemuka hanya menunjukkan kurangnya kompetensi teknis penulis berita, karena kapasitas smartphone dari perusahaan barat hampir sama, apapun perangkat lunak yang mereka gunakan.

Sebelumnya seorang perwaikilan dari markas dan hotline militer Rusia kepada Izvestia menyatakan, iPhone dilarang. Anda bisa menggunakan ponsel apapun selain Apple, karena berasal dari perusahaan AS.

Larangan produk Apple selama wajib militer di Rusia dianggap sebagai upaya menghindari kemungkinan munculnya ancaman kemanan.  Perwakilan tersebut kepada Izvestia juga menyebutkan, segalanya bisa dipantau dengan bantuan iPhone.

Eldar Murtazin analis riset mobile mengungkapkan, asumsi bahwa Apple bekerjasama secara aktif dengan departemen pertahanan AS sangat tidak beralasan. Karena aturan, sistem enkripsi seperti digunakan salah satunya oleh Apple disediakan oleh produsen merupakan kerjasama dengan departemen pertahanan. Namun mereka tidak bisa dengan santainya menyatakan, ingin memasangnya disuatu sistem.

Tidak ada aturan resmi mengenai pelarangan atau dibolehkannya penggunaan ponsel dimiliter Rusia. Kebijakan penggunaan ponsel dan internet umunya diserahkan kepada masing-masing komandan satuan militer.

Sementara AS, memiliki semua daftar perangkat elektronik yang bisa digunakan dinas militer melalui persetujuan Defense Information System Agency (DISA) yang melakukan sertifikasi berbagai teknologi komersil untuk digunakan personil pertahanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar