Rabu, 12 November 2014

Iran Tayangkan Uji Terbang Perdana Tiruan Drone Canggih AS


Drone AS RQ-170 Sentinel dan tiruannya diperlihatkan pada pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khumaini

Televisi pemerintah Iran hari Rabu menayangkan rekaman uji penerbangan drone yang disebut Iran sebagai hasil rekayasa berdasarkan pesawat drone milik AS yang ditangkap diwilayahnya pada tahun 2011.

Klip berdurasi 30 detik muncul sebelum tayangan berita siang televisi pemerintah dan difilmkan dari helikopter dan daratan, yang menampilkan pesawat bersayap delta sedang melakukan penerbangan. Tayangan tersebut muncul setelah komandan angkatan udara pasukan elit garda revolusi Iran hari Senin mengumumkan, pesawat tak berawak sukses menjalani uji penerbangan perdana.

Tehran berhasil menjerat drone RQ-170 Sentinel milik AS pada Desember 2011 ketika beada diwilayah udaranya. Menurut media AS, drone tersebut dikirim dengan tujuan memata-matai situs nuklir milik Iran.

Iran menyebutkan, mereka berhasil mengambil alih drone berteknologi tinggi tersebut dan mendaratkannya dipadang pasir tanpa mengalami kerusakan sedikitpun. Pernyataan tersebut kemudian dibantah Washington dengan menyebutkan, pesawat tak berawak miliknya jatuh setelah mengalami kesalahan teknis.

Seorang pejabat militer Iran pada bulan Mei mengungkapkan, para insinyur mereka berhasil membuat tiruan pesawat AS. Gambar yang disiarkan oleh televisi pemerintah Iran kemudian muncul dengan memperlihatkan dua drone yang hampir identik.

Selain program rudal balistik yang mampu berpindah dengan cepat, Iran telah memproduksi drone sejak tahun 2010. Meski AS selalu menyuarakan keprihatinnya mengenai program senjata Iran. Namun Teheran menegaskan, tujuan program persenjataan adalah murni untuk pertahanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar