Kamis, 27 November 2014

F-35B Tidak Sebising F/A-18 Super Hornet


Pesawat tempur F-35B Lightning II

Penduduk yang tinggal dekat pangkalan dimana F-35 ditempatkan mengajukan protes ke Pentagon, karena khawatir F-35 akan membuat bising dan mengganggu ketenangan warga yang tinggal disekitar pangkalan.

Namun hasil penelitian yang dirilis kantor program Joint Strike Fighter pada 31 Oktober menemukan, F-35B tidak sebising pesawat F/A-18. Hasil penelitian dirilis menjelang dimulainya pelatihan pilot F-35B di Marine Corps Air Station Beaufort yang berlokasi di Carolina Selatan, AS.

Tes dilakukan pada tahun 2013 di pangkalan udara AS di California yaitu Edward Air Force Base. Penguji menemukan suara pesawat varian F-35 yang dibuat untuk korps marinir AS hanya dua desibel lebih tinggi dibanding Super Hornet, tingkat kebisingan dimana telinga manusia akan mengalami kesulitan dalam mendeteksinya.

Sebaliknya, F-35B menurut hasil tes ternyata 10 desibel lebih tenang dibanding Super Hornet dalam formasi terbang maupun mendarat.

Namun Robert Pollard penduduk sekitar mengungkapkan, dirinya belum melihat kesimpulan penelitan dan menganggap laporan tersebut menentang hukum Fisika.

Ia mengutip data penelitian angkatan laut AS pada 2009 yang membandingkan F-35A dengan Super Hornet F/A 18 yang tidak terbang di MCAS Beaufort. Dengan membandingkan berat F-35B yang lebih besar dan lebih tinggi dari data terpercaya hasil penelitian angkatan laut AS menurut kalkulasi Pollard, F-35B tiga kali lebih bising dibanding F/A 18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar